Home » » Khasiat Bengkuang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bengkuang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Khasiat Bengkuang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Tips kecantikan dan kesehatan alami dengan buah

Khasiat Bengkuang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Cream Zalfa - Bengkuang (Pachyrrhizus erosus) sangat dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Bahkan dalam bengkuang biasa dimanfaatkan sebagai buah atau bagian dari beberapa jenis makanan dan masakan. Bengkuang bisa langsung dimakan dengan segar, dibuat rujak atau asinan. Selain itu ternyata tanaman bengkuang juga sering ditanam sebagai pupuk hijau dan penutup tanah pada tanaman perkebunan teh. Bengkuang memiliki khasiat untuk obat antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, demam, eksim, sariawan, wasir dan diabetes.

Bengkuang sendiri berasal dari Amerika Tropika dan menyebar keseluruh daerah topis lainnya. Dan tanaman ini masuk ke Indonesia pada abad ke 17 melalui ambon dari Manila. Sejak itu bengkuang banyak dibudidayakan di seluruh negeri.

Bengkuang adalah tanaman merambat yang dibudidayakan untuk diambil umbinya. Daun tanaman ini majemuk dengan beranak daun tiga. Bunganya tersusun dalam tandan yang panjangnya 15 sampai 25 centimeter. Buahnya berbulu halus, berbentuk polong yang berisi empaat sampai sembilan biji.

Umbi akarnya mempunyai warna putih, dengan bentuk gangsing dan kulitnya mudah untuk dikupas. Untuk memperbanyak tanaman ini dilakukan dengan steck pada umbi maupun bijinya. Banyak dibudidayakan didataran rendah didaerah Madura dan jawa.

Dalam menanam bengkoang, agar umbinya tumbuh dengan baik maka bunga harus selalu dibuang. Selama satu sampai 3 minggu ditanam, bijinya mulai berkecambah. Umur bengkuang pada umumnya di 6 sampai 11 bulan. Pada beberapa bengkuang seperti bengkuang gajah dapat dipanen pada usia empat atau lima bulan. Untuk bengkoang budur juga ada yang dipanen pada umur empat bulan.

Sifat kimiawi pada bengkoang adalah manis, sejuk, dingin dan berkhasiat untuk mendinginkan. Dan bagian yang digunakan untuk obat adalah akar atau umbi, biji dan tangkainya.

Bengkoang bisa digunakan untuk pengobatan luar maupun dalam. Untuk pengobatan luar bengkoang cukup dihaluskan dan di temple pada bagian tubuh yang sakit. Untuk pemakaian dalam, bengkuang bisa langsung dimakan dan atau dubuat makanan yang tidak hanya lezat namun juga berefek menyembuhkan.

Disamping untuk masalah kesehatan diatas, bengkuang dalam banyak artikel bermanfaat untuk kecantikan wajah. Biasanya digunakan sebagai masker untuk wajah untuk membuat lebih putih. Dan cara membuat masker bengkuang juga sangat mudah. Semoga khasiat bengkuang ini bermanfaat untuk sahabat semua dan selalu dalam kesehatan. Artikel sebelumnya Rahasia Kecantikan Wajah Wanita Korea.

Persembahan CREAM zalfa MIRACLE kosmetik

Hub 081399295740
pin bb 298b8899


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Cream Zalfa|Cream Sari|Kosmetik Pemutih BPOM Wajah Alami - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger